Thursday, November 29, 2012

INFO KERJA KE KOREA PENDAFTARAN 2012 - 2013


Apakah Anda memiliki impian untuk bekerja di luar negeri ? Korea Selatan adalah salah satu tujuan utama bagi calon Tenaga Kerja Indonesia yang ingin belajar di luar negeri. Caranya gimana ?

Berikut ini Proses Kerja ke Korea

1. Peserta mengikuti kursus / pelatihan Bhs Korea Persiapan Tes EPS-TOPIK / KLPT
2. Peserta mengikuti seleksi / tes KLPT. Tes ini dilaksanakan tiap setahun sekali / bisa setengah tahun sekali tergantung kebutuhan tenaga kerja di Korea. Untuk tahun 2012 ini tes KLPT belum dilaksanakan, kemungkinan dilaksanakan bulan Juni 2012. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, biaya tes sebesar Rp 150 ribu s.d 200 ribu.
3. Bila peserta lolos tes KLPT, peserta akan menerima sertifikat KLPT dari HRD Korea, pengambilan sertifikat dilaksanakan di BP2TKI Provinsi tempat tes dilaksanakan.
4. Sertifikat KLPT, paspor dan hasil medical check up serta dokumen lainnya dikirim via pos ke BNP2TKI Jakarta.
5. Setelah data dikirim, data peserta akan dikirim ke Korea ( Sending Data )oleh pihak BNP2TKI. Proses sending data paling cepat 1 bulan sejak data dikirim ke BNP2TKI.
6. Setelah proses Sending Data, peserta bisa menunggu di rumah untuk turunnya SLC ( kontrak kerja dari perusahaan ) dari HRD Korea. Bila SLC telah turun, peserta mengikuti pre eliminary di Jakarta selama 1 minggu. Pada saat prelim, peserta membayar DP Biaya tiket pesawat sebesar 6,6 jutaan ( bila tidak ada biaya, peserta bisa mengikuti program KUR TKI  dari Bank BRI )
7. Setelah pre eliminary, peserta tinggal menunggu jadwal terbang. Paling lambat 2 bulan sejak pre eliminary. Pada saat mau terbang, peserta melunasi biaya tiket sebesar Rp 3,3 juta. Jadi total biaya ke Korea Rp 9,9 juta.

Demikian kira kira sekilas proses kerja ke Korea lewat Program G to G.

Untuk bisa Kerja ke Korea, langkah awal yang harus dilakukan adalah mengikuti kursus Bhs Korea Persiapan Tes EPS TOPIK dan lalu mengikuti tes Bhs Korea EPS TOPIK / KLPT yang dilaksanakan oleh HRD Korea bekerjasama dengan BNP2TKI.
Setiap tahun BNP2TKI bekerjasama dengan HRD Korea menyelenggarakan tes EPS - TOPIK atau Test Kemampuan Berbahasa Korea atau sering dikenal dengan tes KLPT. Jadi, bila Anda ingin bekerja di Korea, Anda harus mengikuti tes KLPT, karena test tersebut syarat untuk bisa bekerja di Korea. Test KLPT meliputi tes bahasa Korea ( Tatabahasa dan Pendengaran / Listening ).

Persyaratan untuk bisa mengikuti seleksi bahasa Korea KLPT ( Korean Language Proficiency Test ) antara lain :


Persyaratan mengikuti tes KLPT :

Pria / Wanita , tinggi badan minimal 150 cm
berumur 18 th - 39 th ( pada saat pendaftaran )
lulusan SMP/SMA/D3/S1 segala jurusan,
WNI dari seluruh Indonesia

Karena materi seleksi adalah tes bahasa Korea, maka calon peserta seleksi HARUS MENGUASAI materi tes tersebut. Berdasarkan pengalaman, butuh waktu 2 bulan s.d 4 bulan untuk bisa menguasai materi test tersebut. Karena memang ada kriteria yang berat agar peserta lolos tes KLPT. Soal / materi tes KLPT ada 2 jenis, yaitu tes Reading ( 25 soal ) dan tes Listening ( 25 soal ).Peserta tes dinyatakan lolos seleksi dengan kriteria sebagai berikut :
1. Mencapai nilai minimal 80 % bila peserta memilih bidang manufacture
Soal yang benar minimal 45 soal dari 50 soal
2. Mencapai nilai minimal 65% bila peserta memilih bidang konstruksi
Soal yang benar minimal 33 soal dari 50 soal
3. Mencapai nilai minimal 60% bila peserta memilih bidang perikanan / pertanian

Soal yang benar minimal 30 soal dari 50 soal

Karena beratnya materi tes KLPT dan tes dilaksanakan minimal 6 bulan sekali, peserta perlu mempersiapkan diri dengan belajar bahasa Korea secara intensif. Rata rata mereka yang gagal seleksi adalah yang kurang persiapan belajar bhs Korea.

LBA KONGBUkachi sebagai salah satu lembaga pendidikan bahasa asing di Solo membuka Diklat Bhs Korea EPS -Topik untuk mempersiapkan mereka yang berminat mengikuti seleksi di Solo. LBA KONGBUkachi juga akan membantu proses pendaftaran peserta seleksi di UNS Solo / UMS Solo. Pada seleksi bulan Desember 2010 kemarin, hampir 90% siswa LBA KONGBUkachi lolos seleksi KLPT, bahkan beberapa diantara mereka memperoleh nilai 200 ( benar semua ). Ini membuktikan bahwa tanpa bantuan pihak manapun ( percaloan dll ), mereka sukses dengan hasil keringat mereka sendiri. Sesuai dengan misi LBA KONGBUkachi untuk mendidik siswa agar memiliki mental pekerja keras, jujur dan mandiri. Bila Anda yakin BISA, Anda PASTI BISA...
 

Tes Seleksi EPS TOPIK 2012 dilaksanakan tanggal 16 Juni dan  17 Juni 2012 , dibutuhkan 8900 orang untuk bidang manufacture dan 1000 orang untuk bidang perikanan, Untuk pelaksanaan tes EPS TOPIK 2013 belum terjadwal, tapi sebaiknya perlu persiapan lebih dini. Karena itu, silahkan persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes yg dilaksanakan setengah tahun sekali tersebut dengan mengikuti Diklat Bhs Korea EPS-TOPIK di LBA KONGBUkachi.
DIKLAT BHS KOREA KLPT
( Persiapan Tes EPS-TOPIK 2013)



PENDAFTARAN
1. Fotocopi ijasah terakhir ( minimal ijasah SMP )
2. Pas photo 3 x4 = 4 lembar ( berwarna )
3. Membayar biaya pedaftaran Rp 30.000,-

FASILITAS
- Bank Soal EPS-Topik
- Bimbingan dari instruktur berpengalaman
- Jaminan Lolos Seleksi
- Bisa mengulang GRATIS kelas berikutnya sambil menunggu pelaksanaan seleksi

11 comments:

  1. saya sekarang sedang berada di taiwan bulan 7 saya finish kontrak 2013 kira kira kapan ada tes ke korea setelah bulan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. UNTUK BERJAGA2 LEBIH BAIK SEGERA BELAJAR,AGAR KETIKA SAAT TES SUDAH BENAR2 SIAP

      Delete
  2. informasi fix tes ke korea sebenarnya kapan ini ditahun 2013 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perkiraan bulan juni,untuk perikanan bulan februari tanggal 6

      Delete
  3. saya ingin ikut pendaftaran ke korea di tahun ini. karna minimnya biaya saya belajar bahasa korea sendiri dirumah.
    mudah2an saya bisa..
    saya dengar pendaftaran buat calon TKI tahun ini dibuka tanggal 1 April sampai Mei 2013. dan jadwal seleksinya tanggal 16-17 Juni 2013.. apakah selama menunggu ujian dilaksanakan kita tinggal dirumah masing2 atau diberi pembelajaran disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYA BETUL.,HARUS TINGGAL DISINI UNTUK MENGIKUTI PELAJARAN,KARENA TES SEKARANG LEBIH SULIT...TERIMAKASIH

      Delete
  4. saya sudah sending..lulusan 2011 and 2012 kemarin..yang 2011 sudah gak kepakai.karna dari 2011 sampai sekarang juga belum ada panggilan prelime..saya sending lagi pakai 2012..sampai sekarang juga slc belum turun..aPAkah bisa membantu saya agar saya bisa cepat berangkat..??mohon bantuannya..atau email ke nodnie_soekamtie@yahoo.co.id..terima kaish..mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims..atas sarannya..alhamdullilah saya sudah di inchon

      Delete
    2. iya mas selamat mas,bisa minta kakaotalknya atau apapun yang bisa dihubungi?

      Delete